Apa Itu Gotong Dino? Ketahui Gethok Dino, Cara Menentukan 'Hari Baik' untuk Menikah

- 27 Februari 2024, 05:25 WIB
Ilustrasi gambar pasangan berkaitan dengan kecocokan jodoh antara weton Minggu Wage dengan Senin Pahing menurut primbon Jawa.
Ilustrasi gambar pasangan berkaitan dengan kecocokan jodoh antara weton Minggu Wage dengan Senin Pahing menurut primbon Jawa. /Tangkap layar/pixabay.com/susan-lu4esm

 

Portal Pati - Apa Itu Gotong Dino? Ketahui Gethok Dino, Cara Menentukan 'Hari Baik' untuk Menikah.

Setelah melalui tahapan pembicaraan yang berupa congkog, salar, nontoni dan nglamar, proses selanjutnya adalah menentukan hari baik pernikahan bagi kedua calon mempelai.

Pencarian hari pernikahan ini biasanya pihak keluarga akan berkonsultasi dengan sesepuh daerahnya untuk memilih hari yang paling baik untuk pelaksaan ijab qobul dan resepsi.

Baca Juga: 2 Februari 2024 Jumat Apa? Inilah Keistimewaan dan Arti Weton Kelahiran Hari Jumat Wage dalam Primbon Jawa

Proses mencari hari baik ini bagi orang jawa sering disebut sebagai Gethok Dino atau menentukan hari baik.

Semua hari memang baik, tetapi bagi orang Jawa ada pilihan hari-hari tertentu yang dipandang “lebih baik” untuk menyelenggarakan sebuah hajatan.

Pemilihan hari baik ini biasanya ditentukan berdasarkan jumlah weton (hari kelahiran) kedua mempelai, menghindari hari pasaran meninggalnya anggota keluarga (ayah, ibu, nenek dan kakek, saudara kandung), dan menghindari hari atau bulan tertentu yang menurut adat jawa tidak baik untuk menjalankan prosesi pernikahan.

Baca Juga: Weton Rabu Wage Punya Wawasan Luas dan Pandai Bergaul Menurut Primbon Jawa: Karakter, Karier hingga Asmara

Halaman:

Editor: Uswatun Khasanah


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x