Bisa Dicegah, Ini Cara Pencegahan Penyakit Rabies!

- 23 April 2024, 05:52 WIB
Penyakit rabies bisa ditularkan melalui gigitan hewan peliharaan/Instagram/@jabarquickresponse/
Penyakit rabies bisa ditularkan melalui gigitan hewan peliharaan/Instagram/@jabarquickresponse/ /

Portal Pati - Pencegahan rabies dilakukan untuk meminimalkan risiko sakit. Pasalnya, saat seseorang tidak sadar telah terinfeksi rabies hingga timbul gejala, risiko untuk sembuh sangat kecil.

Rabies merupakan salah satu penyakit berbahaya yang bisa dicegah. Pencegahan rabies umumnya dilakukan untuk menghentikan masuknya virus ke dalam tubuh.

Pasalnya, setelah virus berkembang di dalam tubuh, maka peluang untuk sembuh sangat kecil.

Baca Juga: Apa itu Virus Hendra? Mengenal Lebih Dekat Penyakit Virus Hendra

Oleh sebab itu, yuk ketahui lebih banyak mengenai cara mencegah rabies pada artikel berikut ini!

Bagaimana Rabies Bisa Terjadi?

 

Rabies adalah penyakit menular yang bisa mematikan dari hewan ke manusia. Kondisi ini biasanya terjadi saat seseorang tergigit hewan liar yang terinfeksi rabies. Beberapa hewan yang berpotensi membawa virus rabies, yaitu kelelawar, anjing hutan, rubah, rakun, monyet, serigala. Selain itu, hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing yang tidak divaksin rabies berpotensi menularkan penyakit ini.

Virus rabies menyebabkan infeksi rabies pada manusia. Virus ini menyebar melalui air liur hewan yang terinfeksi. Hewan yang terinfeksi dapat menyebarkan virus rabies ke hewan lainnya atau manusia dengan cara menggigitnya.

Pada kondisi tertentu, rabies juga dapat menyebar ketika air liur yang terinfeksi masuk melalui luka terbuka atau mengenai bagian tubuh seperti mulut dan mata. Hal ini bisa saja terjadi ketika hewan yang terinfeksi menjilat luka terbuka di kulit Anda.

Apabila seseorang mulai menunjukkan tanda dan gejala rabies, seperti kebas di area tubuh yang tergigit, halusinasi, kesulitan bernapas, takut air (hydrophobia), takut cahaya, hingga lumpuh, maka peluang untuk sembuh sangat kecil. Oleh sebab itu, perawatan dan pencegahan yang efektif perlu dilakukan secepatnya setelah tergigit hewan yang terinfeksi rabies.

Halaman:

Editor: Abdul Rosyid


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah