Teks Khutbah Jumat Singkat Bahasa Jawa: Mengambil Hikmah dari Perjalanan Isra' Mi'raj Rasulullah SAW

- 16 Februari 2023, 17:15 WIB
Teks Khutbah Jumat Singkat Bahasa Jawa: Mengambil Hikmah dari Perjalanan Isra' Mi'raj Rasulullah SAW
Teks Khutbah Jumat Singkat Bahasa Jawa: Mengambil Hikmah dari Perjalanan Isra' Mi'raj Rasulullah SAW /Freepik/

Portal Pati - Teks Khutbah Jumat Singkat Bahasa Jawa: Mengambil Hikmah dari Perjalanan Isra Mi'raj Rasulullah SAW.

Khutbah Jumat merupakan suatu ibadah yang rutin dilaksanakan oleh umat Islam di seluruh dunia dimana mendengarkan khutbah Jumat merupakan rukun dari Sholat Jumat

Khutbah Jumat dilakukan pada hari Jumat di masjid-masjid sebagai sarana penyampaian pesan keagamaan dan nasihat bagi para jamaah.

Baca Juga: Amalan Kamis Malam Jum'at: Bacaan Surat Yasin dan Tahlil Lengkap, Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal Dunia

Salah satu tema khutbah Jumat yang sering dibahas oleh para khatib pada bulan Rajab adalah peringatan Isra Mi'raj.

Peristiwa Isra Mi'raj sendiri adalah perjalanan malam Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram di Mekah ke Masjidil Aqsa di Jerusalem dan kemudian ke langit ketujuh untuk berdialog dengan Allah SWT. Perjalanan ini dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW pada malam Jumat 27 Rajab tahun ke-10 setelah diangkat menjadi nabi.

Peristiwa Isra Mi'raj memiliki banyak hikmah dan pelajaran yang dapat diambil oleh umat Muslim. Salah satu hikmah yang dapat diambil adalah kebesaran dan keagungan Allah SWT yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata.

Baca Juga: Teks Khutbah Jumat Lengkap Padat Jelas Cukup 10 Menit Saja, Cocok Dibawakan pada Bulan Februari ini

Perjalanan Nabi Muhammad SAW ke langit ketujuh memberikan gambaran tentang kebesaran Allah dan keagungan-Nya.

Selain itu, perjalanan Isra Mi'raj juga memberikan contoh tentang keberanian dan kesabaran dalam menghadapi rintangan dan ujian.

Nabi Muhammad SAW menghadapi banyak rintangan dan ujian dalam perjalanan Isra Mi'raj, namun ia tetap sabar dan tabah menghadapinya.

Baca Juga: Lirik Sholawat Asyghil yang Akan Dilantunkan pada Puncak Harlah 1 Abad NU Lengkap Arab, Latin dan Terjemahnya

Peringatan Isra Mi'raj juga memberikan pelajaran tentang pentingnya menjaga hubungan dengan Allah SWT.

Perjalanan Nabi Muhammad SAW ke langit ketujuh untuk berdialog dengan Allah menunjukkan betapa pentingnya menjaga hubungan dengan Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari.

Peringatan Isra Mi'raj juga memberikan pelajaran tentang pentingnya memperhatikan hubungan dengan sesama.

Baca Juga: Khutbah Jumat Singkat Bahasa Jawa Bulan Rajab 1444 H : Isra' Mi’raj Dalam Aspek Syariat dan Hakikat

Nabi Muhammad SAW bertemu dengan banyak nabi dan rasul di perjalanan Isra' Mi'raj, dan ini menunjukkan betapa pentingnya memperhatikan hubungan dengan sesama dan menjalin persaudaraan antara umat manusia.

Peringatan Isra Mi'raj memberikan banyak hikmah dan pelajaran bagi umat Muslim. Perjalanan Nabi Muhammad SAW ke langit ketujuh memberikan gambaran tentang kebesaran Allah dan keagungan-Nya.

Peringatan Isra Mi'raj juga memberikan contoh tentang keberanian, kesabaran, dan pentingnya menjaga hubungan dengan Allah SWT dan sesama. Oleh karena itu, peringatan Isra' Mi'raj harus dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT serta memperbaiki hubungan dengan sesama.

Baca Juga: Teks Khutbah Jumat Rajab Edisi 10 Februari 2023: Memahami dan Memaknai Peristiwa Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW

Berikut ini teks khutbah Jumat Bahasa Jawa tentang Hikmah Peristiwa Isra Mi'raj Rasulullah SAW.

Khutbah Jumat Bahasa Jawa Pertama

واوضح أدلّة وحدانيته وجلاها. وابطل ببراهين الحقّ شُبُه الباطل ومحاها. وثبت كلمة الايمان كما ثـبّت ا لأ رض بالجبـال وارشاها.

فسـبحان الّذى لايماثل ولا يضاهى. احمده سبحانه على نعم لا يتناهي. واشكره شكــرمن عرف نعــــمه فرعاها.

وأشــــــهد ان لا اله إلاّ الله وحـــــــده لاشر يك له شـــهادة من عرف معناها وعمــل ظاهرا وباطنا بمقتضــاها.

واشهد انّ سيدنامحمّدا عبده ورسوله خيارة الخليقة وأتقاها. نبي خصّه الله باسمح الشّر ائع واجلا ها. وترك امّته على محجّة البيضاء ليلها كضحاها. اللّهمّ صلىّ وسلّم على سيّدنا محمّد وعلى اله واصحابه الّذين عضّوا على سنّته وتمسّكــوا بعراها.

(امّا بعـــد) فيــآأيّهاالنـــّاس اتّقوا الله تعالى فإنّ تقواه وقاية من عذابه. واحذروا المعاصى فانها موجبات لغضب الرّبّ وأليـــــم عــــقابه.

 

Al-Hamdulillah, sumangga kita tansah muji syukur dhumateng ngarsanipun Allah SWT.

Wonten ing pundi kemawon kanthi limpahan rahmat, taufiq, hidayah saha ‘Inayah-Nya, kita taksih pinaringan rejeki “umur panjang”.

Isih pinanggih malih kaliyan wulan ingkang mulya, wulan ingkang mulya "Shahrur Rajab Al Mubaarak".

Wulan ingkang sae kangge nambahi amal ibadah mliginipun pasa.

Wulan kang ana wengi kang njanjeni ganjaran jumbuh karo ganjarane wong kang jihad fi sabilillah marang wong kang nindakake kabecikan.

Bersenjata karo iman lan iman, ayo kita dynamize wedi kita.

Taqwa kita ingkang sejati punika dumateng Allah Rabbil Izzati lan kita lestariaken ngantos ajal menjemput kita.

HADIR JAMA'AH JUM'AH RAHIMAKUMULLAH ...........

 

Lampahipun Kanjeng Nabi saking Makkah dumugi Bayt Magdis, lajeng dumugi Sidrat al-Mutaka, malah ngungkuli.

Uga bali menyang Mekah ing wektu cendhak banget.

Iki minangka tantangan paling gedhe sawise Al-Qur'an ditawakake dening Gusti Allah marang manungsa.

Kedadeyan iki mbuktekake yen 'Ilmu lan Sifate Gusti Allah iku ngliputi lan tekan, malah bisa ngalahake kabeh sing 'terbatas' (terbatas) lan 'tanpa wates' (tanpa wates) tanpa dibatesi wektu lan ruang.

Akeh empiris lan rasionalis, sing nyingkiri tuntunan wahyu, ora percaya lan malah nantang orane.

Amarga ora sesuai karo hukum alam, malah ora bisa dibuktekake kanthi standar logis.

Kanthi iki, kita minangka manungsa sing percaya karo pendekatan sing paling pas lan prasaja (ora mbutuhake teori ilmiah empiris lan rasional).

Supaya bisa dimangerteni, cukup nganggo pendekatan "Imaniy" kaya sing ditindakake dening sahabat Nabi Abu Bakar Al Shiddiq, kaya sing digambarake ing pangandikane:

"Yen kanjeng Nabi Muhammad SAW dakwartakake mesthi bener”.

Lan yen beasiswa dituntut, mesthi Al-Qur'an dadi pusat rujukan.

 

Lumantar pengamatan sistematika lan deskripsi Al-Qur’an babagan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW.

Ing babagan tuntutan ilmiah sajrone ndeleng Prastawa Agung Isra Miraj Sayyidina Nabi Muhammad SAW.

Bisa dirumusake kerangka mikir kanthi sistematis kaya ing ngisor iki:

Para ilmuwan saka disiplin apa wae ngaku yen kabeh kudu duwe anteseden sing nyebabake utawa nyebabake.

Minangka ahli Al-Qur'an, Imam al-Suyuthi nduweni panemu, yen pambuka kanggo katrangan ing Al-Qur'an yaiku katrangan sing ana ing surat sadurunge.

Dene hakekat katrangane layang dimangerteni saka jenenge layang.

Pramila, pambuka saking gambaran prastawa Isra Mi'raj punika surat ingkang dipunparingi asma Allah Al-Nahl, tegesipun "tawon".

HADIR MASYARAKAT JUM'AH GUSTI ALLAH......

Pitakonan sing banjur muncul yaiku kenapa surat Al-Isra didhisiki dening An-Nahl, kenapa tawon ngirim?

Tawon dipunpilih dening Gusti Allah kangge makili kaelokaning ciptanipun.

 

Kangge mujudaken pambuka dhateng kaelokaning pangripta ing adicara Isra Miraj.

Tawon uga dipilih minangka pambuka kanggo bagean sing nggambarake kabeh wong.

Jalaran sekabehane menungsa iku “Wong Mukmin” kang miturut Kanjeng Nabi Muhammad SAW iku kaya tawon, ora mangan kajaba kang becik lan endah.

Kaya kembang sing wangi; ora ngasilake apa-apa kajaba sing apik lan migunani, kaya madu sing diasilake tawon.

Mula, mung pendekatan "Imaniy" sing lair saka pribadine wong Mukmin sing percaya karo acara Isra Miraj.

Saka sudut liya, ing Al-Isra' dhewe, bola-bali ditekanake babagan watesan ilmu manungsa lan sikap sing kudu ditindakake babagan watesan kasebut. Allah SWT. Ngandika:

ويخلق مـــا لا تعلــــــمون . (النحل : 8)

انّ الله يعـــلم وانتـــم لا تعلـــمون . (النحل : 74)

وما اوتيـــــتم من العـــــلم إلاّ قلـــيلا . ا (الاسر أ : 85)

Artinya : “Dia (Allah) menciptakan apa-apa (mahluk) yang kamu tidak mengetahuinya. Sesungguhnya Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. Dan tidaklah kamu diberi pengetahuan kecuali sedikit”. (QS. An Nahl Ayat: 8,74, Dan Qs. Al-Isra' : 85).

Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Itulah sebabnya, manusia harus mengambil sikap sebagaimana ditegaskan sendiri oleh Allah dengan firman-Nya :

ولا تقف ماليس لك به علم. انّ السّمع والبصر والفؤاد كلّ أولئك كـــان عنه مســـئولا. ولا تــمش فى ا لارض مرحــــا. انـــّك لن تخرق ا لأرض ولن تبـــلغ الجبـــال طولا.(الاســر اء: 36 – 37)

Artinya : “Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan dimintai pertanggung jawabannya. Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan tidak akan sampai setinggi gunung”. (QS. Al-Isra’ : 36 ,37)

Disamping itu, sebelum Al-Qur'an mengakhiri pengantarnya tentang peristiwa Isra Miraj ini.

Digambarkannya bagaimana kelak orang-orang yang tidak mempercayainya, dan bagaimana juga sikap yang harus diambil nabi terhadap orag-oran yang mengingkarinya.

Allah berfirman dalam surat Al Nahl : 127 – 128.

واصبر وما صبرك إلاّ بالله ولا تحز ن عليهم. ولاتك من ضيق مماّ يمكــــرون. انّ الــله مــع الــّذين اتّقـــــــــوا والــّذين هم محســــــنون. (النحل : 128 – 127)

Artinya : “Bersabarlah wahai Muhammad; tiadalah kesabaranmu melainkan dengan pertolongan Allah. Janganlah kamu bersedih hati terhadap (keingkaran) mereka. Janganlah pula kamu bersempit dada terhadap apa-apa yang mereka tipu dayakan. Allah beserta orang-orang yang bertaqwa dan orang-orang yang berbuat kebajikan”.

HARI RAYA JUM'AH JAMA'AH...........

Ingkang langkung wigatos kangge kita pitaken inggih punika: kenging punapa kedadosan Isra Miraj senajan wonten ing sejarah lelampahanipun Sayyidina Nabi Muhammad SAW?

Wangsulane: Al-Qur'an negesake pentinge pembangunan pribadi lan pembangunan masyarakat lan konsolidasi.

Lan punika sampun dumugi puncakipun, kagambaraken wonten ing pribadinipun abdinipun Allah ingkang wonten ing Isra' Mi'rajkan, inggih punika Nabi Muhammad SAW.

Uga nilai-nilai sing ditrapake ing masyarakate.

Ing Surah Al Isra' kathah pitedah kangge pembangunan dhiri lan mbangun masyarakat.

Minangka "hikmah" acara Isra Miraj dhewe, antara liya:

Kaping pisanan, ditemokake instruksi kanggo nindakake shalat limang wektu, uga shalat sunnah ing wayah wengi. Allah ngandika:

أقم الصلواة لدلوك الشّمس الى غسق اللّيل وقر آن الفجر. انّ قر آن الفجر كان مشهودا. ومن اللّيل فتهجّد به نافلة لك عسى أن يبعثك ربّك مقاما محـــمودا. (ا لا ســر اء : 79 – 78)

Artinya : "Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan dirikanlah pula sholat shubuh. Sesungguhnya sholat shubuh itu disaksikan oleh Malaikat”, dan pada sebagian malam hari bersembahyang tahajjudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu : mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu pada derajat yang terpuji”. (QS. AL Isra’ : 78 dan 79).

Lan "shalat" iki uga dadi inti saka acara Isra Mi'raj iki.

Sholat sejatine minangka kabutuhan mutlak kanggo mujudake manungsa sing lengkap.

Kabutuhan jiwa lan batine manungsa kanggo mujudake awake dhewe nalika ngadhepi khaliq Allah SWT.

Sholat uga dibutuhake dening masyarakat manungsa, amarga shalat ing pangertene sing paling jembar minangka dhasar pembangunan, utamane pangembangan diri lan pribadine.

Dadi pratandha saka depravity lan asor moral.

Yen ana wong ngadhep marang Gusti mung nalika dijaluk kabutuhane.

Kapindho, indikasi liyane sing ditemokake ing rentetan ayat sing nerangake kedadeyan Isra Mi'raj, yaiku mbangun manungsa sing utuh tumuju masyarakat adil lan makmur.

Ing bab punika Allah ngandika wonten ing Al-Qur'an surat Al-Isra ayat 16:

واذا أردنا أنّ نهــلك قر ية أمر نا متر فيــها فحقّ علـيها القول فد مرنها تدمير ا (ا لا سر اء : 16)

Artinya : “Jika kamu hendak membinasakan suatu negeri, maka kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah dinegeri itu (supaya mereka mentaati Allah untuk hidup adil dalam kesederhanaan), tetapi mereka durhaka; maka sudah sepantasnyalah berlaku bagi terhadapnya ketentuan Kami kemudian Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya”.

Petunjuk hidup untuk bersikap “adil” dalam kesederhanaan dan larangan berfaham individualisme, matrialisme, konsumerisme, dan membangun budaya “hedonisme” kembali mendapatkan penekanan dalam beberapa ayat berikutnya.

Allah berfirman :

وءآت ذا القــر بى آ حـــقّه و المســـكين وابن الســـّبيل ولا تبذّر تبذير ا . انّ المبذّ رين كانوآ اخون الشّيطـين وكــان الشـّيطان لر بّه كـفورا. (الاسر اء : 27 – 26)

Artinya : “Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang terlantar dalam perjalanan; dan janganlah kamu menghamburkan hartamu secara boros, sesungguhnya orang yang hidup berlebihan (boros) adalah saudara-saudara syaitan. Dan Syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya”. (QS. Al-Isra 26-27)

Dan Allah melanjutkan firman-Nya :

ولا تجعل يدك مغلولة إلى عنقك ولا تبسطها كلّ البسط فتقعد ملــوما محســور ا. (الا سـر اء : 29)

Artinya : “Dan janganlah kamu jadikan tanganmu terbelenggu dalam lehermu, dan janganlah kamu mengulurkannya seluas-luasnya, karena itu kamu menjadi tercela dan menyesal". (QS. Al-Isra 29)

Oleh karenanya, kita semua dan setiap orang hidup mestinya tetap dalam kesederhanaan dan keseimbangan.

Bahkan kesederhanaan yang dituntut bukan hanya dalam bidang ekonomi saja.

Tetapi juga dalam bidang ibadah. Hal ini tersirat dari adanya pengurangan jumlah sholat dari lima puluh menjadi lima kali saja dalam sehari semalam.

Juga ditemukan petunjuk, dalam surat Al-Isra’ juga yakni yang berkenaan dengan suara ketika melaksanakan sholat. Allah azza wa zalla berfirman :

…… ولا تــجهر بصــلاتك ولا تـخــافت بها وابتغ بين ذلـك ســبيلا. (الاسر اء : 110)

Artinya : “Janganlah engkau mengeraskan suaramu dalam sholatmu dan jangan pula merendahkannya, tetapi carilah jalan tengah diantara keduanya”. (QS. Al-Isra 110).

Mengambil jalan tengah dalam setiap sikap hidup dan kehidupan.

Merupakan cermin kehendak Tuhan yang menekankanbetapa pentingnya “Persatuan masyarakat seluruhnya”.

Dengan demikian, masing-masing orang dapat melaksanakan tugas hidup sebaik-baiknya, sesuai dengan bidang dan kemampuan dan bidangnya.

Tanpa mempersoalkan agama, keyakinan, dan keimanan orang lain.Hal ini sesuai dengan Firman Alloh Ta’alaa :

قل كلّ يعمل على شاكلته. فر بّكم أعلم بمن هو أهدى سبيلا. (الا سر اء : 84)

Artinya: “Hendaklah tiap-tiap orang berkarya menurut bidang dan kemampuannya masing-masing. Tuhan lebih mengetahui siapa yang lebih benar jalannya”. (Q.S. Al-Isra’: 84)

Pungkasan, kanthi momentum acara agung Isra lan Miraj Nabi Muhammad, kanthi kabeh piwulang.

Sumangga kita mbangun gesang kita kanthi semangat persatuan lan kesatuan.

Nuwuhake sikap prasaja, lan ngadohi gaya urip sing glamor minangka wiji saka budaya Hedonisme.

Muga-muga kita bisa nyekel gejala kasebut lan nyuarake kapercayan babagan eksistensi Roh Intelektual.

Gusti Ingkang Maha Kuwaos wonten ing alam semesta menika, saha saged nyumurupi kabetahanipun manungsa kangge manembah dhumateng Panjenenganipun, ugi ngabdi dhumateng Panjenenganipun.Amiin 3X Yaa Robbal 'Alamiin...

والله سبحانه وتعالى يقول وبقول يهتدى المهتدون .

واذا قر ئ القر آن فاسـتمعواله وأنصــتو ا لعلّكـــم ترحمــــون. اعوذ بالــله من الشّـــيطا ن الرّ جــــيم. يوم تـجــد كلّ نفس ماعملت من خير محضر ا وما عملت من سوء تودّ لــو انّ بيــنها وبـــينه امدا بعــيدا. ويحــذّركم الله نفســه والله رءوف بالعباد.

بارك الله لى ولكم فى القر آن العظيم. ونفعنى وايّا كم بما فيه من ا لأ يات والذّكر الحكيم. ا نّه تعالى جوّاد كــــــر يم رءوف رحــــــيم.

Khutbah Jumat Bahasa Jawa Ke 2

اَلْحَمْدُلِلّهِ حَمْدًاكَثِيْرًاكَمَااَمَرَ. وَاَشْهَدُاَنْ لاَاِلهَ اِلاَّللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ. اِرْغَامًالِمَنْ جَحَدَبِهِ وَكَفَرَ. وَاَشْهَدُاَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ سَيِّدُاْلاِنْسِ وَالْبَشَرِ.

اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىَ اَلِهِ وَصَحْبِهِ مَااتَّصَلَتْ عَيْنٌ بِنَظَرٍ وَاُذُنٌ بِخَبَرٍ اَمَّا بَعْدُ : فَيَااَ يُّهَاالنَّاسُ !!

اِتَّقُوااللهَ تَعَالىَ. وَذَرُوالْفَوَاحِشَ مَاظَهَرَوَمَابَطَنْ. وَحَافِظُوْاعَلىَ الطَّاعَةِ وَحُضُوْرِ الْجُمْعَةِ وَالْجَمَاعَةِ. وَاعْلَمُوْااَنَّ اللهَ اَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَفِيْهِ بِنَفْسِهِ. وَثَنَّى بِمَلاَئِكَةِ قُدْسِهِ.

فَقَالَ تَعَالىَ وَلَمْ يَزَلْ قَائِلاًعَلِيْمًا: اِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِىْ يَاَ يُّهَاالَّذِيْنَ آمَنُوْاصَلُّوْاعَلَيْهِ وَسَلِّمُوْاتَسْلِيْمًا.

اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىَ اَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. كَمَاصَلَّيْتَ عَلىَ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلىَ اَلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ. فىَ الْعَالَمِيْنَ اِنَّكَ حَمِيْدٌمَجِيْدٌ اَللّهُمَّ اغْفِرْلِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلاَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ بِرَحْمَتِكَ يَاوَاهِبَ الْعَطِيَّاتِ.

اَللّهُمَّ ادْفَعْ عَنَّاالْغَلاَءَ وَالْوَبَاءَ وَالرِّبَا وَالزِّنَا وَالزَّلاَزِلَ وَالْمِحَنَ. وَسُوْءَالْفِتَنِ مَاظَهَرَمِنْهَا وَمَابَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا هَذَاخَاصَّةً وَعَنْ سَائِرِبَلاَدِالْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ.

رَبَّنَا لا تُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا، وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً، إِنَّكَ أَنْتَ الوَهَّابُ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الخَاسِرِيْنَ رَبَّنَااَتِنَافِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلاَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.

Demikian itulah merupakan contoh teks Khutbah Jumat Bahasa Jawa tema pembahasan Isra Mi'raj.***

Editor: Abdul Rosyid


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x