Sholat Lailatul Qadar Dilakukan Pada Jam Berapa? Ketahui Waktu Pelaksanaannya, Niat dan Jumlah Rakaatnya

- 31 Maret 2024, 05:35 WIB
Sholat Lailatul Qadar Dilakukan Jam Berapa? Ketahui Niat, Jumlah Rakaat dan Waktu Pelaksanaannya
Sholat Lailatul Qadar Dilakukan Jam Berapa? Ketahui Niat, Jumlah Rakaat dan Waktu Pelaksanaannya /Pixabay.com/ @sratageme2015

Portal Pati - Malam Lailatul Qadar atau yang dikenal dengan malam seribu bulan adalah malam yang datang diantara sepuluh malam terakhir di bulan ramadhan.

Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang mulia dimana para malaikat akan turun ke bumi dan memberikan rahmat serta mendoakan manusia.

Di malam ini umat islam dianjurkan untuk lebih banyak beribadah karena malam lailatul qadar memiliki banyak keutamaan yang sayang untuk dilewatkan.

Baca Juga: Tata Cara Shalat Gerhana Matahari atau Bulan dan Amalan-Amalannya

Di malam ini pula Allah SWT akan mengampuni dosa hamba-hambanya yang dengan tulus dan ikhlas beribadah kepada Allah sementara yang lainnya bisa saja sedang terlelap.

Malam Lailatul Qadar yang istimewa ini bahkan disebutkan Allah SWT dalam surat Al Qadr ayat 1-5 yang bunyinya

إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْر لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ نَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ .سَلَامٌ هِيَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ الْفَجْرِ

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) saat Lailatul Qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah Lailatul Qadar itu? Lailatul qadar itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala uuusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar. “(Al-Qadr: 1-5)

Baca Juga: Kesehatan Mental: Pengertian, Jenis, Hal yang Pengaruhi dan Cara Menjaga Kesehatan Mental yang Baik

Halaman:

Editor: Abdul Rosyid


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah