Ketahui! Ini Bacaan Doa Ukasyah yang Bisa Kabulkan Segala Hajat

- 20 Mei 2024, 04:35 WIB
Umat Islam Berdoa Sebagai Bagian dari Ikhtiar Lahir dan Batin
Umat Islam Berdoa Sebagai Bagian dari Ikhtiar Lahir dan Batin /ilustrasi-Malanghits.com/

Portal Pati - Kamu sedang berada di titik terendah dalam hidup dan butuh pertolongan dari Allah SWT? Ada satu doa yang bisa kamu amalkan untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan.

Namanya adalah doa Ukasyah atau doa Akasah yang dikenal sebagai doa taubat, sehingga dianjurkan untuk diamalkan setiap hari. Gimana bacaan doa Ukasyah, lafal Bahasa Indonesia dan artinya?

Apa Itu Doa Ukasyah?

Mungkin kamu masih asing dengan yang namanya doa Ukasyah atau ada juga yang menyebutnya doa Akasah. Padahal sejatinya doa ini sangatlah mustajab dan mengandung banyak banget manfaat jika kamu melafalkannya setiap hari, meski doa ini lebih sering disebut ketika seseorang tengah terkena suatu masalah, jatuh sakit atau sedang punya hajat.

Dan memang doa Akasah atau Ukasyah adalah bacaan doa sehari-hari bagi orang yang tengah dilanda kesulitan. Adapun kata Ukasyah atau Akasah merupakan nama salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW yang pernah didoakan oleh beliau agar masuk dalam golongan 70 ribu yang masuk surga tanpa harus melalui hisab.

Menukil dari Kitab majmu’ Syarif, doa Ukasyah berisi ayat-ayat Al Quran dan sholawat untuk Rasulullah SAW. Kandungannya secara garis besar berupa sikap tawakal dan berserah diri kepada Allah SWt terhadap kondisi rohani dan dunia disertai dengan amalan diri sebagai cerminan doa tersebut. Karena keutamaan ini, maka banyak umat Muslim yang mengamalkan bacaan doa ini.

Apa Keutamaan Doa Ukasyah?

Bacaan doa ini, seperti yang disebutkan sebelumnya, memiliki banyak manfaat dan keutamaan bagi yang mau mengamalkannya. Sebagai doa yang menunjukkan bentuk kepasrahan jiwa serta raga kepada Allah Sang Pencipta, ada beragam faedah bagi yang rutin melafalkan doa ini, seperti yang dikutip dari laman NU Online, merujuk kitab Majmu’ Syarif dan Kitab Perukunan Melayu, yakni:

Diangkat dan disembuhkan dari sakit
Dilepaskan dan dibebaskan dari utang yang menjerat
Dipelihara dan dilindungi dari segala marabahaya dan kebinasaan
Dikabulkannya semua hajat

Bukan cuma itu saja, Mengutip dari buku Hubbu yang ditulis oleh Mashuri, masih banyak manfaat dan keutamaan yang akan kamu dapatkan jika mengamalkan doa Ukasyah ini, lho. Berikut adalah hal-hal baik yang bisa kamu rasakan dengan rutin melafalkan bacaan doa sahabat Rasulullah SAW setiap hari:

Halaman:

Editor: Uswatun Khasanah


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah