Bacaan Doa Qunut Tulisan Arab dan Latin serta Arti dan Waktu Membacanya

- 1 Juni 2024, 00:14 WIB
Doa Qunut Witir Kunci Spiritualitas di Penghujung Ramadhan
Doa Qunut Witir Kunci Spiritualitas di Penghujung Ramadhan /Pixabay/ashiqraazz

Portal Pati - Bacaan Doa Qunut Tulisan Arab dan Latin serta Arti dan Waktu Membacanya.

Doa qunut dibacakan setelah rukuk saat shalat witir di paruh kedua bulan Ramadan serta ketika shalat subuh. Ketahui bacaan beserta artinya berikut!

Doa qunut adalah sebuah doa yang dipanjatkan sambil berdiri tegak setelah rukuk pada rakaat terakhir ketika witir di malam ke 16 hingga akhir Ramadan. Di luar itu, doa Qunut juga dibacakan ketika sholat subuh. Melafalkan doa ini saat sholat hukumnya adalah sunnah.

Baca Juga: Hukum dan Dalil Perintah Berkurban dalam Al-Quran dan Hadits

Secara etimologi kata qunut (bahasa Arab: الْقُنُوْتُ‎, qunut) berasal dari bahasa Arab yang memiliki beberapa makna, diantaranya adalah berdiri lama, diam, selalu taat, tunduk, doa, dan khusyuk. Sedangkan secara istilah qunut ialah doa yang dibaca seorang muslim dalam salat.

Doa qunut memiliki banyak manfaat apabila dilafalkan, yaitu doa untuk kebaikan dunia dan akhirat, mendatangkan banyak berkah, dan menjauhkan kita dari segala bentuk mudarat. Untuk mengetahui lebih lanjut soal doa qunut dan waktu membacanya, yuk kita simak artikel berikut!

Bacaan Doa Qunut

Berikut ini informasi lengkap mengenai doa Qunut, doa subuh yang akan mendatangkan keberkahan.

Dalil Doa Qunut

Pada dasarnya, doa qunut ada beberapa macam, yaitu doa qunut subuh, doa qunut witir saat masuk paruh akhir bulan Ramadhan, dan doa qunut nazilah.

Salah satu dasar dari pendapat tersebut adalah hadis yang diriwayatkan dari Anas bin Malik: "Rasulullah SAW senantiasa melakukan qunut pada sholat subuh sampai beliau meninggalkan dunia," (HR. Ahmad).

Halaman:

Editor: Abdul Rosyid


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah