Teks Khutbah Jumat Pahing 14 Juni 2024: Tiga Siasat Nabi Ibrahim Memperjuangkan Agama Tauhid

- 14 Juni 2024, 01:32 WIB
Contoh khutbah Jumat 3 menit yang bisa Anda jadikan referensi, foto ilustrasi // Pexels/ Adnan Uddin
Contoh khutbah Jumat 3 menit yang bisa Anda jadikan referensi, foto ilustrasi // Pexels/ Adnan Uddin / // Pexels/ Adnan Uddin

Portal Pati - Teks Khutbah Jumat Pahing 14 Juni 2024: Tiga Siasat Nabi Ibrahim Memperjuangkan Agama Tauhid.

Perjalanan dan perjuangan dakwah para nabi selalu menarik untuk disimak untuk kemudian diambil hikmah dan pelajarannya, begitu pun dengan perjalanan dakwah Nabi Ibrahim.

Di bulan Dzulhijjah, Nabi Ibrahim kerap menjadi tema pembahasan karena ketaatan dan kepasrahannya untuk mengorbankan putra kesayangannya.

Di samping itu, ada tiga siasat Nabi Ibrahim dalam memperjuangkan agama tauhid sekaligus menjaga keselamatan dirinya.

Baca Juga: Teks Khutbah Idul Adha 2024: Ketahui 6 Keteladanan Keluarga Nabi Ibrahim Alaihissalam

Khutbah I

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ هَدَى أَوْلِيَاءَهُ لِدِيْنِ الْإِسْلَامِ، وَوَفَّقَهُمْ لِزِيَارَةِ بَيْتِهِ الْحَرَامِ، وَخَصَّهُمْ بِالشَّوْقِ إِلَى تِلْكَ الْمَشَاعِرِ الْعِظَامِ، وَحَطَّ عَنْ وَفْدِهِ جَمِيْعَ الْأَوْزَارِ وَالآثَامِ ، أَحْمَدُهُ سُبْحَانَهُ عَلَى جَزِيْلِ الْفَضْلِ وَالْإِنْعَامِ، وَأَشْكُرُهُ عَلَى مَا أَوْلَاهُ مِنَ التَّوْفِيْقِ وَالْإِلْهَامِ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، الْمَلِكُ الْحَقُّ السَّلَامُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ خَيْرُ مُعَلِّمٍ وَإِمَامٍ، اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ مُحَمّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ الْبَرَرَةِ الْكِرَامِ، وَسَلَّمَ تَسْلِيْمًا كَثِيْرً

أَمَّا بَعْدُ: أَيُّهَا النَّاسُ، اِتَّقُوا اللهَ وَاعْبُدُوْهُ، فَإِنَّ اللهَ خَلَقَكُمْ، لِذَلِكَ قَالَ تَعَالَى: ﴿يا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقاتِهِ وَلا تَمُوتُنَّ إِلَاّ ‌وَأَنْتُمْ ‌مُسْلِمُونَ﴾ وَقَالَ: ﴿قُلۡ هُوَ ٱللَّهُ أَحَدٌ ، ٱللَّهُ ٱلصَّمَدُ ، لَمۡ يَلِدۡ وَلَمۡ يُولَدۡ ، وَلَمۡ يَكُن لَّهُۥ كُفُوًا أَحَدُۢ ﴾ صَدَقَ اللهُ الْعَظِيْمِ وَصَدَقَ رَسُوْلُهُ الْحَبِيْبُ الْكَرِيْمُ وَنَحْنُ عَلَى ذَلِكَ مِنَ الشَّاهِدِيْنَ وَالشّاكِرِيْنَ وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Hadirin rahimakumullah

Pertama marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah swt. Dzat yang tak henti-hentinya melimpahkan karunia nikmat-Nya kepada kita semua, termasuk nikmat taufik, hidayah, dan nikmat berjamaah seperti sekarang ini.

Shalawat teriring salam semoga tercurah kepada Baginda Alam, Habibana Muhammad saw. Shalawat dan salam juga semoga terlimpah kepada para sahabat, para tabiin, tabi tabiinnya, hingga kepada kita semua selaku umatnya. Mudah-mudahan kita semua mendapatkan hidayah untuk senantiasa mengikuti ajarannya dan kelak di akhirat mendapatkan syafaatnya.

Sebelumnya, khatib berwasiat khusus kepada pribadi khatib dan umum kepada jamaah sekalian, marilah kita sama-sama mempertahankan serta meningkatkan keimanan serta ketakwaan kepada Allah swt. Sebab, hanya dua hal itu yang paling berharga bagi kita nanti saat menghadap kepada-Nya.

 

Hadirin rahimakumullah

Perjalanan dakwah Nabi Ibrahim di bulan Dzulhijjah menarik untuk diambil hikmah karena ketaatan dan kepasrahannya mengorbankan putra kesayangannya. Di samping itu, ada tiga siasat Nabi Ibrahim dalam memperjuangkan agama Allah sekaligus menjaga keselamatan dirinya.

Pertama, siasat Nabi Ibrahim saat hendak menghancurkan berhala kaumnya, sebagaimana yang dikisahkan dalam Al-Quran:

وَتَاللّٰهِ لَاَكِيْدَنَّ اَصْنَامَكُمْ بَعْدَ اَنْ تُوَلُّوْا مُدْبِرِيْن

Artinya, “Demi Allah, sesungguhnya aku akan melakukan tipu daya terhadap berhala-berhalamu sesudah kamu pergi meninggalkannya,” (Q.S. al-Anbiya [21]: 57).

Dalam menjalankan siasatnya, Nabi Ibrahim memilih berada di rumah dan mengaku sakit saat diajak kaumnya ke tempat peribadatan mereka yang penuh dengan berhala. Pengakuan itu pun diabadikan Al-Quran:

فَقَالَ إِنِّى سَقِيمٌ

Artinya, “Kemudian ia berkata, ‘Sesungguhnya aku sakit,’” (Q.S. al-Shaffat [37]: 89).

Menurut al-Qusthulani dalam Irsyâd al-Sârî Syarh Shahîh al-Bukhari, yang dimaksud “Aku sakit” dalam pernyataan Nabi Ibrahim a.s. pada ayat di atas bukan sakit secara fisik, melainkan sakit batin karena melihat kaumnya yang terus bercokol dalam kekufuran dan kesyirikan.

Mungkin pula pernyataannya itu memiliki makna waktu mendatang, sehingga bisa dimaknai “Aku akan sakit” sesuai dengan bentuk ungkapan Arabnya, innî saqîm, yang menggunakan bentuk ism fail. Sama halnya dengan makna hadits, “Annaka mayyitun” maksudnya adalah, “Engkau akan mati.”

Sementara itu, Sufyan menafsirkan istilah saqim dengan ‘tha‘un’. Sehingga mengetahui ada orang yang terkena tha‘un, mereka langsung pergi karena takut tertular. Ulama lain menandaskan, kendati memang berbeda dengan situasi yang sebenarnya, namun sebagai sebuah siasat, pernyataan itu tetap dibenarkan, bahkan diperlukan untuk menolak fitnah yang besar karena jika keluar bersama mereka, bukan mustahil Nabi Ibrahim dianggap mendukung aktivitas penyembahan berhala.

Namun yang jelas, Nabi Ibrahim sebelumnya telah memiliki rencana untuk menghabiskan berhala mereka, hanya saja perlu waktu yang tepat untuk mengeksekusinya.

 

Hadirin rahimakumullah

Kedua, siasat Nabi Ibrahim saat menjawab pertanyaan kaumnya yang menuding dirinya telah menghancurkan berhala. Alih-alih menjawab sesuai keinginan mereka, beliau malah menuduh bahwa yang menghancurkan berhala-berhala itu adalah berhala paling besar.

Nabi Ibrahim menghancurkan 72 berhala yang terbuat dari berbagai bahan seperti emas, perak, besi, timah, batu, dan kayu. Satu-satunya yang tidak dihancurkan adalah berhala terbesar yang terbuat dari emas dengan campuran batu permata dan matanya dari batu yaqut.

Setelah menghancurkan berhala-berhala kecil, Nabi Ibrahim lantas meletakkan kapak di leher berhala paling besar tersebut. Harapannya, agar di saat kembali, mereka bertanya-tanya, “Siapa sebenarnya yang menghancurkan berhala-berhala ini. Mengapa engkau (berhala besar) tidak apa-apa dengan kapak bergantung di lehermu.”

Benar saja, begitu kembali ke tempat berhala, mereka melihat semua berhala itu telah porak-poranda kecuali satu berhala besar saja.

Akhirnya, mereka curiga bahwa Nabi Ibrahim-lah yang menghancurkannya. Sebab, hanya Nabi Ibrahim satu-satunya orang yang membenci aktivitas mereka saat itu. Perbincangan itu pun dicatat dalam Al-Quran:

قَالُوا أَأَنْتَ فَعَلْتَ هَذَا بِآلِهَتِنَا يَا إِبْرَاهِيمُ ، قَالَ بَلْ فَعَلَهُ كَبِيرُهُمْ هَذَا فَاسْأَلُوهُمْ إِنْ كَانُوا يَنْطِقُونَ

Artinya, “Mereka bertanya, ‘Apakah kamu, yang melakukan perbuatan ini terhadap tuhan-tuhan kami, hai Ibrahim?’ Ibrahim menjawab, ‘Sebenarnya patung yang besar itulah yang melakukannya, maka tanyakanlah kepada berhala itu, jika mereka dapat berbicara,’” (Q.S. al-Anbiya [21]: 62-63).

Kendati apa yang dikatakan Nabi Ibrahim berbeda dengan yang diinginkan penanya, tetapi sesungguhnya beliau ingin menunjukkan kepada mereka bahwa berhala yang selama ini disembah tak bisa apa-apa. Buktinya, begitu berhala besar dituding sebagai penghancur berhala kecil di sekitarnya, mereka pun tak percaya. Di situlah Nabi Ibrahim ingin menunjukkan kebodohan mereka.

Dijelaskan oleh al-Qusthulani, meski Nabi Ibrahim mengaku sebenarnya bahwa pada hakikatnya yang menghancurkan berhala itu adalah Allah, mereka juga tak mungkin percaya, sebab mereka adalah kaum yang kufur. Karenanya, ketika tindak penghancuran itu disandarkan kepada berhala besar, bukanlah sebuah kebohongan, melainkan sebagai ejekan guna memperlihatkan kedangkalan dan kesesatan pikiran mereka. Walau sekilas terlihat seperti berbohong hanyalah di mata orang-orang yang kufur.

 

Hadirin rahimakumullah

Ketiga, siasat Nabi Ibrahim kepada utusan Raja Shaduq yang menginginkan istrinya yang cantik Sarah. Beliau mengaku, “Dia adalah saudara perempuanku.” Tujuannya agar dirinya selamat dari kekejaman si raja.

Sebelumnya, Nabi Ibrahim menyampaikan kepada istrinya, “Wahai Sarah, tidak ada lagi yang beriman di muka bumi selain aku dan engkau". Sehingga, ketika sang raja bertanya kepadaku tentangmu, “Siapakah wanita itu?” aku menjawab, “Dia adalah saudara perempuanku. Aku berharap engkau pun tidak mendustaiku.” Walhasil, yang dimaksud “saudara” di sana adalah saudara seakidah atau saudara seagama karena memang tidak ada orang yang beriman di muka bumi saat itu kecuali mereka berdua.

Adapun ungkapan "Aku sakit" merupakan rasa sakit batin melihat kemusyrikan dan kekufuran kaumnya. Ia juga menyadari bahwa ungkapan "Patung yang besar itu yang menghancurkannya" adalah siasat untuk menunjukkan kebodohan mereka. Pada akhirnya, beliau akan meminta maaf kepada umat manusia di hari kiamat karena tidak dapat memberikan syafaat atau bantuan kepada mereka untuk diadili oleh Allah. Ia mengaku ketiganya sebagai kebohongan yang pernah diperbuatnya. (Lihat: Umar Sulaiman, Shahîh al-Qashash al-Nabawi, Darun Nafais, 2007, hal. 53).

Namun perlu ditekankan bahwa pengakuan tersebut tidak berarti beliau itu berbohong, karena seorang nabi tidak mungkin berbohong. Tindakan tersebut hanyalah siasat untuk memperjuangkan agama Allah, menegakkan tauhid, membuktikan kesesatan kaumnya, dan menjaga keselamatan diri.

Adapun pengakuannya pada hari Kiamat, “Aku telah berbuat tiga kebohongan,” semata lahir dari kerendahan hati, kepasrahan sebagai hamba, dan ketakutannya yang sangat besar terhadap murka Allah. Sebab, di mata syariat sendiri dan juga di mata Allah, ketiganya bukanlah sebagai kekeliruan. Hal itu telah ditegaskan sendiri oleh Rasulullah saw. dalam haditsnya.

مَا مِنْهَا كَذِبَةٌ إِلاَّ مَا حَلَّ بِهَا عَنْ دِينِ اللَّهِ

Artinya, “Tidak satu pun di antara kebohongan itu kecuali demi membela agama Allah,” (HR. al-Tirmidzi [3148]).

Demikianlah strategi menarik, sekaligus siasat unik yang dijalankan Nabi Ibrahim demi memperjuangkan agama Allah, menunjukkan kesesatan kaumnya, dan memperjuangkan keselamatan dirinya.

Adapun pelajaran penting yang dapat kita petik darinya adalah tatkala tiga muslihat yang dibenarkan syariat saja diakui Nabi Ibrahim (dengan kerendahan dan ketakutannya) sebagai kebohongan, lantas bagaimana dengan kebohongan murni yang sengaja diproduksi dan disebarkan demi kepentingan pribadi dan golongan yang sama sekali tak dibenarkan oleh kaca mata apa pun?

Semoga kita termasuk orang-orang yang senantiasa mengambil pelajaran dari setiap peristiwa yang terjadi, termasuk peristiwa yang pernah menimpa para nabi.

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ، وَتَقَبَلَّ اللهُ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ، إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ، أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرّحِيْمِ

 

Khutbah II

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ أَمَرَنَا بِاْلاِتِّحَادِ وَاْلاِعْتِصَامِ بِحَبْلِ اللهِ الْمَتِيْنِ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ، إِيَّاهُ نَعْبُدُ وَإِيَّاُه نَسْتَعِيْنُ. وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، اَلْمَبْعُوْثُ رَحْمَةً لِلْعَالَمِيْنَ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ. اِتَّقُوا اللهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ وَسَارِعُوْا إِلَى مَغْفِرَةِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ، يَاأَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا، وَصَلَّى الله عَلَى سَيِّدَنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَ الْمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْاَمْوَاتْ إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ وَيَا قَاضِيَ الْحَاجَاتِ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَ الْمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْاَمْوَاتْ إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ وَيَا قَاضِيَ الْحَاجَاتِ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ، اَللَّهُمَّ إِنَّا نَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ وَنَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَنَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ وَنَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ، اَللَّهُمَّ يَا مُيَسِّرَ كُلِّ عَسِيْرٍ ، وَيَا جَابِرَ كُلِّ كَسِيْرٍ ، وَيَا صَاحِبَ كُلِّ فَرِيْدٍ ، وَيَا مُغْنِيَ كُلِّ فَقِيْرٍ ، وَيَا مُقَوِّيَ كُلِّ ضَعِيْفٍ ، وَيَا مَأْمَنَ كُلِّ مَخِيْفٍ ، يَسِّرْ عَلَيْنَا كُلَّ عَسِيْرٍ ، فَتَيْسِيْرُ الْعَسِيْرِ عَلَيْكَ يَسِيْرُ ، رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

إِنَّ اللهَ يَأْمُرُكُمْ بِالْعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيتَآئِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَآءِ وَالْمُنكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذْكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَادْعُوْهُ يَسْتَجِبْ لَكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ

 

***

 

 

 

Editor: Abdul Rosyid


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah