Cara Cepat Mengatasi HP yang Terkena Air, Berikut Ini Langkah-langkahnya

- 26 Mei 2024, 03:00 WIB
Cara Cepat Mengatasi HP yang Terkena Air, Berikut Ini Langkah-langkahnya
Cara Cepat Mengatasi HP yang Terkena Air, Berikut Ini Langkah-langkahnya /ist

Portal Pati - Terkena air, terjatuh ke kolam, atau tercebur ke genangan, adalah mimpi buruk bagi para pengguna smartphone.

Perangkat elektronik yang canggih ini memang rentan terhadap kerusakan akibat air, dan kepanikan seringkali memicu tindakan yang salah dalam mengatasinya.

Tenang, artikel ini akan memandu Anda langkah demi langkah untuk menyelamatkan HP kesayangan yang terkena air.

Baca Juga: Panik Ponsel Hilang? Tenang, Ini Cara Melacak iPhone dan Android yang Dicuri atau Hilang!

Langkah Cepat Menyelamatkan HP Terkena Air:

  1. Segera Matikan HP: Ini adalah langkah krusial untuk mencegah korsleting dan kerusakan lebih lanjut pada komponen internal. Hindari menekan tombol apapun, karena hal ini dapat memperparah keadaan.
  2. Keringkan Permukaan HP: Gunakan kain microfiber atau handuk yang lembut dan tidak berbulu untuk menyerap air di bagian luar HP. Hindari menggosok HP terlalu keras, karena dapat mendorong air masuk lebih dalam.
  3. Keluarkan Kartu SIM dan Kartu Memori: Jika memungkinkan, keluarkan kartu SIM dan kartu memori dari HP. Hal ini untuk mencegah kerusakan pada data dan kontak Anda.
  4. Posisikan HP dengan Benar: Letakkan HP dengan posisi tegak dan lubang-lubang menghadap ke bawah untuk membantu air mengalir keluar. Hindari menggoyangkan HP secara berlebihan, karena dapat menyebarkan air ke bagian dalam.
  5. Gunakan Silica Gel: Masukkan HP ke dalam wadah kedap udara yang berisi silica gel. Silica gel adalah bahan pengering yang ampuh untuk menyerap kelembapan. Biarkan HP di dalam wadah selama minimal 24 jam atau hingga benar-benar kering.
  6. Hindari Pengering Rambut dan Hair Dryer: Panas dari alat-alat ini dapat merusak komponen internal HP.
  7. Nyalakan HP: Setelah HP benar-benar kering, coba nyalakan dengan hati-hati. Jika HP tidak dapat menyala, jangan paksakan. Segera bawa HP ke pusat servis resmi untuk mendapatkan penanganan profesional.
  8. Baca Juga: Kirim Email Tepat Waktu dengan Fitur Schedule Send di Gmail dan Yahoo

Tips Tambahan:

  • Aplikasi Penghilang Air: Beberapa aplikasi, seperti "Shake to Dry" atau "Water Eject", diklaim dapat membantu mengeluarkan air dari HP dengan cara menggetarkannya. Namun, efektivitasnya masih diragukan dan berpotensi merusak HP.
  • Beras: Merendam HP dalam beras adalah cara tradisional yang sering digunakan. Namun, efektivitasnya juga tidak terjamin dan beras berpotensi meninggalkan debu di dalam HP.
  • Indikator Cairan: Banyak HP modern memiliki indikator cairan yang berubah warna jika terkena air. Indikator ini biasanya terletak di dekat slot SIM atau baterai.

Pencegahan Lebih Baik:

  • Gunakan Casing Tahan Air: Lindungi HP Anda dengan casing tahan air yang berkualitas untuk meminimalisir risiko kemasukan air.
  • Hindari Membawa HP ke Tempat Basah: Sebisa mungkin, hindari membawa HP ke tempat-tempat yang berpotensi terkena air, seperti kolam renang, kamar mandi, atau pantai.
  • Tutup Port dan Lubang: Tutup port dan lubang pada HP dengan penutup anti air untuk mencegah air masuk.

Baca Juga: Makna Bacaan Kalimat Talbiyah Haji, Lengkap dengan Arab Latin dan Artinya

Menangani HP yang terkena air membutuhkan kecepatan dan ketepatan. Ikuti langkah-langkah di atas dengan hati-hati dan hindari tindakan yang berisiko memperparah kerusakan.

Halaman:

Editor: Ahmad Fitrianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah