Ini Rahasia di Balik Air Putih saat Berbuka Puasa dalam Kajian Thibbun Nabawi

- 31 Maret 2024, 14:36 WIB
Ilustrasi. Mengkonsumsi air putih secara teratur selain dapat menyegarkan juga mencegah dehidrasi dan mencegah suhu tubuh tetap normal.
Ilustrasi. Mengkonsumsi air putih secara teratur selain dapat menyegarkan juga mencegah dehidrasi dan mencegah suhu tubuh tetap normal. / freepik @master1305/

Portal Pati - Ini Rahasia di Balik Air Putih saat Berbuka Puasa dalam Kajian Thibbun Nabawi.

Apa yang dianjurkan oleh Rasulullah untuk berbuka puasa? Hampir semua orang yang menjawab pertanyaan ini menyebutkan keutamaan kurma sebagai pilihan pertama.

Namun, bila tidak ada kurma maka air putihlah pilihannya.

Baca Juga: Ini Waktu Ideal Makan Buah-Buahan saat Berbuka Puasa sesuai Thibbun Nabawi

Sekilas, tidak ada yang istimewa dari menu buka puasa berupa air putih. Selain karena murah dan mudah ditemukan di mana-mana, hampir setiap orang memilikinya untuk sekedar berbuka puasa.

Namun, air putih sebagaimana yang disabdakan Nabi sebagai pilihan untuk berbuka puasa tentulah memiliki nilai lebih.

Dalam kitab Thibbun Nabawi, al-Hafiz adz-Dzahabi mengungkapkan sebuah hadits tentang air putih sebagai pilihan untuk berbuka puasa bila tidak ada kurma.

Baca Juga: Kapan Libur Lebaran 2024? Ini Daftar Libur dan Cuti Bersama Lebaran Idul Fitri 2024, Lebih dari Sepekan

“Menurut sunnah Nabi, orang yang berpuasa dianjurkan mulai berbukanya dengan kurma. Nabi SAW bersabda barangsiapa yang tidak menemukan kurma hendaklah berbuka dengan air karena air itu suci. Hadits ini diriwayatkan oleh an-Nasai.” (Al-Hafiz Adz-Dzahabi, Thibbun Nabawi, Dar Ihyaul Ulum, Beirut, 1990: halaman 90)

Halaman:

Editor: Uswatun Khasanah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah