Kenaikan Transaksi 7 Kali Lipat Dialami Brand Lokal dan UMKM di Shopee 11.11 Big Sale

- 14 November 2023, 06:04 WIB
Ilustrasi belanja online.
Ilustrasi belanja online. /Freepik/Ijeab/

Portal Pati – Dampak kampanye Shopee 11.11 Big Sale langsung terasa bagi brand lokal dan UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah). Para pelaku UMKM merasakan pertumbuhan bisnis yang lebih kokoh dan berdaya di dunia e-commerce yang semakin ketat persaingannya. Para pelaku UMKM dan brand lokal mencatatkan peningkatan transaksi hingga 7 kali lipat pada puncak kampanye Shopee 11.11 Big Sale dibandingkan hari-hari biasa. Ini membuktikan Shopee adalah mitra bagi UMKM dan brand lokal dalam melakukan penetrasi pasar.

Monica Vionna, Head of Marketing Growth Shopee Indonesia mengatakan, “Sebagai kampanye yang menawarkan promo terbesar akhir tahun, 11.11 Big Sale tidak hanya tentang berbelanja, tetapi juga menjadi bentuk dukungan Shopee untuk memberikan peluang dan eksposur yang lebih besar kepada merek dan produk-produk lokal. Tujuannya, mendorong para konsumen untuk semakin tertarik menjelajahi produk dalam negeri, seiring membantu brand lokal untuk dapat diterima seluruh masyarakat luas. Menariknya, di sepanjang kampanye 11.11 Big Sale ini pun kami merasakan tingginya minat konsumen untuk berbelanja produk lokal dan UMKM dari ragam kategori yang dihadirkan. Hal ini menjadi aspek penyemangat kami untuk selalu memberikan berbagai inovasi dan inisiatif yang bermanfaat bagi seluruh ekosistem, mendorong pertumbuhan bisnis lokal, dan memperkuat koneksi antara penjual dan konsumen.”

11.11 Big Sale: Dorong Transformasi dan Buka Peluang Inklusif Bagi Brand Lokal & UMKM

Dalam era digital yang terus berkembang, penting bagi brand lokal dan UMKM untuk terus berinovasi, memanfaatkan peluang yang ada, dan terus bertransformasi sehingga memperkuat eksistensi mereka. Apalagi di periode belanja menuju akhir tahun menjadi momen penting bagi konsumen untuk mengejar promo menarik, penawaran spesial, dan berbagai kelengkapan produk untuk memenuhi berbagai kebutuhannya. Brand lokal dan UMKM yang bisa merangkul tren belanja konsumen ini akan memiliki peluang besar untuk pertumbuhan bisnis yang signifikan.

Shopee 11.11 Big Sale.
Shopee 11.11 Big Sale.

Antusiasme partisipasi penjual lokal turut mendukung kampanye 11.11 Big Sale dalam menghadirkan kelengkapan produk variatif dari berbagai kategori. Sehingga secara tidak langsung menjadi motivasi masyarakat untuk semakin semangat berburu berbagai produk incaran lokal dan UMKM. Khususnya pada kategori Kecantikan, Fashion, dan Gaya Hidup yang ternyata mendapat perhatian spesial di hati konsumen sepanjang kampanye berlangsung.

Di sisi lain, keunggulan dan keuntungan yang dihadirkan selama 11.11 Big Sale berlangsung, menjadi kekuatan yang saling menguntungkan antara Shopee dan penjual. Salah satunya, dampak positif yang dirasakan bagi mitra brand lokal Benang Jarum, dan NAMA Beauty. Bukan hanya produknya yang mumpuni, namun para mitra brand lokal ini merasakan antusiasme yang luar biasa dari pengguna saat memanfaatkan promo spesial khususnya pada puncak kampanye 11.11 Big Sale pada Sabtu kemarin. Dapat dilihat bagaimana brand fesyen lokal, Benang Jarum berhasil mencatatkan peningkatan transaksi hingga lebih dari 93 kali lipat dibandingkan hari biasa.

Telah bergabung bersama Shopee sejak tahun 2020, sang pemilik brand Allyssa Hawadi, Co-Founder Benang Jarum mengungkapkan “Menjadi bagian dari kemeriahan 11.11 Big Sale tentunya merupakan salah satu strategi efektif yang memang kami manfaatkan. Kami senang bisa tumbuh bersama dan merasakan atmosfer positif dari para pengguna Shopee untuk brand kami sejak awal bergabung. Sebagai pelaku usaha di bidang fesyen, kolaborasi ini bukan hanya membuka kesempatan bagi pertumbuhan bisnis kami hingga saat ini, tetapi juga menciptakan peluang berkelanjutan sehingga brand lokal semakin diakui dan dikenal masyarakat luas. Kami harap kedepannya Shopee akan selalu menghadirkan inovasi untuk mendukung kami mencapai kesuksesan bersama”.

Termasuk dalam kategori yang mendapatkan antusias tinggi, brand kecantikan NAMA Beauty juga merasakan pencapaian yang luar biasa. Berpartisipasi dalam Shopee 11.11 Big Sale dan memanfaatkan fitur yang dihadirkan sepanjang kampanye berlangsung, NAMA juga berhasil mencatatkan peningkatan lebih dari 64 kali lipat produk terjual dibandingkan hari biasa. Bahkan produk Nama Beauty x Mami Louisee yaitu bundle toner menjadi salah satu best-selling produk lokal di 11.11 kali ini.

Halaman:

Editor: Abdul Rosyid


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah