Mengenal Hari Braille Sedunia 'World Braille Day' yang Diperingati Setiap 4 Januari, Seperti Ini Sejarahnya!

- 4 Januari 2024, 11:11 WIB
Ilustrasi braille.
Ilustrasi braille. //Pixabay// Myriams-Fotos

Portal Pati - Mengenal Hari Braille Sedunia 'World Braille Day' yang Diperingati Setiap 4 Januari, Seperti Ini Sejarahnya!.

Hari Braille Sedunia atau World Braille Day merupakan sebuah peringatan yang diadakan setiap tanggal 4 Januari.

Peringatan ini diadakan sebagai bentuk penghargaan kepada Louis Braille, seorang anak laki-laki yang menciptakan sistem tulisan braille pada tahun 1824.

Baca Juga: Sejarah Hari Braille Sedunia 4 Januari 2024, Louis Braille Matanya Tertusuk Jarum Hingga Adanya Huruf Braille

Sistem huruf braille ini sangat berguna bagi mereka yang mengalami kebutaan atau kekurangan penglihatan, karena dengan sistem ini mereka dapat membaca dan menulis dengan mudah.

Baca Juga: Ini 11 Fakta Sejarah World Braille Day 'Hari Braille Sedunia' 4 Januari 2024: Nomor 9 Bikin Bangga Indonesia

Sejarah huruf braille

Louis Braille lahir pada 4 Januari tahun 1809 di Coupvray, Prancis. Ia mengalami kebutaan pada usia 3 tahun akibat kecelakaan saat memperbaiki alat tukang cukur ayahnya.

Meskipun demikian, Louis Braille tidak menyerah dan terus belajar dan berusaha menemukan cara untuk dapat membaca dan menulis dengan mudah meskipun buta.

Sejak usia 10 tahun, dia menghabiskan waktu di Royal Institute for Blind Youth di Prancis, di mana dia merumuskan dan menyempurnakan sistem titik timbul yang akhirnya dikenal sebagai Braille.

Halaman:

Editor: Abdul Rosyid


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah