Seni Adalah Bentuk Pemikiran Manusia, Ini Penjelasannya

- 15 April 2024, 15:40 WIB
Seorang pengunjung mengabadikan karya seniman Ari Priana Herdian di Pameran Seni ‘Introduction’ di ArtSpace Artotel Yogyakarta
Seorang pengunjung mengabadikan karya seniman Ari Priana Herdian di Pameran Seni ‘Introduction’ di ArtSpace Artotel Yogyakarta /Artotel Yogyakarta/

Portal Pati - Seni menjadi salah satu pilar penting yang ikut mewarnai kehidupan. Secara sederhana, seni adalah curahan hati yang menjadi satu dalam wadah untuk mengembangkan bakat.

Tak jarang, seni juga bisa menjadi identitas suatu daerah dan berguna bagi sebagian masyarakat.

Kehadiran dan tujuan seni adalah sebagai bentuk penciptaan karya (creative process) menjadi tumpuan utama yang memberikan arah ke mana sebuah karya seni nantinya akan dibawa.

Baca Juga: Mengungkap Asal Usul Ketupat, Makanan Khas Pada Momen Lebaran Ketupat Idul Fitri 2024

Didukung oleh 'niat' (rasa & karsa), maka tujuan dan fungsi karya seni menjadi ‘pengawal’ proses kreatif penciptaan karya seni sampai jadi, dan berfungsi optimal sesuai tujuan utama penciptaannya.

Adapun ide dan konsep dari seni adalah sebagai bentuk pemicu dan pemikiran manusia.

Pembuatan karya seni hadir setelah dilakukan observasi secara mendalam tentang karya dan fungsinya, sehingga diperlukan upaya eksploratif berbekal pengetahuan, keterampilan, dan rasa estetis yang diujicobakan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Merayakan Hari Seni Sedunia 15 April 2024 'World Art Day'

Penjelasan Singkat Mengenai Seni

Dirangkum dari Dosenpendidikan.co.id, seni adalah proses pemikiran yang diproses manusia, dan merupakan sinonim dari ilmu.

Halaman:

Editor: Uswatun Khasanah


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah