Tak Hanya Bung Tomo, Ini Sosok Kyai Abbas Buntet yang Menjatuhkan Pesawat Sekutu dengan Tasbih

- 2 November 2023, 17:30 WIB
Kyai Abbas Buntet Cirebon dan karomahnya saat peristiwa 10 November di Surabaya
Kyai Abbas Buntet Cirebon dan karomahnya saat peristiwa 10 November di Surabaya /Tangkapan layar kanal YouTube/misteripedia

Portal Pati - Tak Hanya Bung Tomo, Ini Sosok Kyai Abbas Buntet yang Menjatuhkan Pesawat Sekutu dengan Tasbih.

K.H. Abdullah Abbas atau dikenal dengan Kyai Abbas Buntet adalah salah satu ulama besar di Jawa Barat. Dia adalah pengasuh pondok pesantren di Buntet, Cirebon, Jawa Barat.

Ia juga merupakan salah satu pahlawan di peristiwa 10 November 1945 di Surabaya. Kyai Abdullah Abbas adalah anak pertama dari Kyai Abbas dengan istrinya kedua Nyai Hajjah I’anah.

Baca Juga: Hanya Modal Senjata Kacang Hijau, Ini Karomah Kyai Abbas Buntet Bikin Pesawat Tempur Penjajah Tak Berdaya

Dirinya juga mempunyai seorang adik perempuan, yaitu Nyai Hajjah Sukaenah, serta adik laki-laki, yaitu K.H. Nahduddin Royandi. Kyai Abdullah Abbas lahir di Buntet tepatnya di pondok pesantren Cirebon pada 7 Maret 1922.

Dari pernikahan dengan istri pertamanya, Nyai Hajjah Aisah, Kyai Abdullah mempunyai seorang puteri, yaitu Nyai Hajjah Qoriah, yang dipersunting oleh KH. Mufassir dari Pandeglang Banten.

Pada tahun 1965, Nyai Hajjah Aisah meninggal dunia. Tak lama kemudian Kiai Abdullah Abbas menikah dengan Nyai Hajjah Zaenab, Putri Qori terkenal K.H. Jawahir Dahlan.

Baca Juga: 10 Pantun untuk Sambut Bulan November 2023, Bisa Dijadikan Caption Unik di Sosial Media IG FB WA TikTok

Dari perkawinan dengan Nyai Hajjah Zaenab, Kyai Dullah dikaruniai sepuluh putra, yaitu Ani Yuliani, Ayip Abbas, Asiah, Ismatul Maula, Laela, Mustahdi, Muhammad, Yusuf, Neneng Mar’atussholiha, dan Abdul Jamil.

Halaman:

Editor: Rahayu Tri Agustina


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah