KETAHUI! Inilah Sosok Pendamping Rasulullah SAW Saat Isra Mi'raj 27 Rajab

- 7 Februari 2024, 19:40 WIB
Ilustrasi. Simak deretan amalan yang dapat dilakukan di malam 27 Rajab Isra Miraj
Ilustrasi. Simak deretan amalan yang dapat dilakukan di malam 27 Rajab Isra Miraj //Freepik

Portal Pati - KETAHUI! Inilah Sosok Pendamping Rasulullah SAW Saat Isra Mi'raj 27 Rajab.

Saat melakukan perjalanan malam Isra Mi'raj dari Masjidil Aqsa ke Sidratul Muntaha, Rasulullah SAW tidak bepergian sendirian. Siapa sosok pendamping Rasulullah SAW saat Isra Mi'raj?

Menurut keterangan-keterangan hadits, malaikat yang mendampingi Rasulullah SAW saat Isra Mi'raj adalah malaikat Jibril, sebagaimana dikutip dari Buku Teks Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi Umum karangan Furqon Syarief Hidayatullah.

Baca Juga: Isra' Miraj dan Kisah Nabi Muhammad SAW Melewati 7 Lapis Langit

"Menurut sunnah nabi, perjalanan malam itu (Isra Miraj) berlangsung sangat cepat, ditemani Malaikat Jibril dengan kendaraan buraq (barqun) artinya kilat," tulis keterangan buku terbitan IPB Press tersebut.

Bersama Malaikat Jibril, Rasulullah SAW melakukan perjalanan ke langit dengan menunggangi buraq. Buraq tersebut berdasarkan keterangan hadits adalah sejenis hewan berwarna putih yang memiliki sayap di kedua pahanya. Ukuran tubuhnya lebih besar daripada keledai dan lebih kecil dari bighal atau kuda.

Baca Juga: CATAT! 4 Tempat Indah Ini Pernah Disinggahi Nabi Muhammad saat Isra Miraj, Bikin Takjub dan Syukur

Perjalanan Rasulullah SAW menghadap Allah SWT tersebut harus melalui langit yang terdiri dari tujuh lapis. Di tiap lapisan langit inilah, Malaikat Jibril memperkenalkan Rasulullah SAW pada para nabi yang ada di sana.

Di langit pertama, beliau bertemu dengan Nabi Adam AS. Kemudian, di langit kedua bertemu dengan Nabi Isa AS dan pada langit keenam dikenalkan dengan Nabi Musa AS. Hingga terakhir di langit ketujuh, Rasulullah SAW dan Malaikat Jibril bertemu dengan Nabi Ibrahim AS.

Halaman:

Editor: Abdul Rosyid


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x